REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Eksistensi Universitas Padjadjaran (Unpad) sebagai world class university (WCU) kian menguat. Kali ini, Unpad dilirik oleh Gachon University Korea Selatan dalam menjalin kerja sama sejumlah program.

Kerjasama antara Unpad dan Gachon University Korea Selatan ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara kedua perwakilan kampus di Executive Lounge Rektorat Unpad, Jalan Dipatiukur No 35, Kota Bandung, Selasa (10/9). Wakil Rektor Bidang Riset, Pengabdian Pada Masyarakat, Kerjasama, Inovasi dan Korporasi Akademik Unpad Dr Keri Lestari menyambut langsung kunjungan Mr Kim Jun Ki (Direktur Kerjasama Internasional) dan Mr Prof Choi Kyung Jin (Dekan) dari Gachon University Korea Selatan.

Kunjungan pimpinan Gachon University Korea Selatan itu difasilitasi oleh Korean Institute for Education and Culture (KIEC) dan Unpad. Kedatangan mereka ke Unpad dalam rangka penandatanganan MoU dan tindak lanjut dari rencana kerjasama pembentukan Korean Centre.

photo

Unpad dan Gachon University Korea

Wakil Rektor Unpad Dr Keri Lestari mengatakan, penandatanganan MoU tersebut bertujuan untuk menguatkan kolaborasi Unpad melalui program partnership dengan universitas luar negeri. Kali ini, menurut dia, kerja sama antar perguruan tinggi dengan Korea Selatan. Sebelumnya, papar dia, Unpad juga banyak menjadi kerja sama dengan perguruan tinggi ternama di luar negeri. ‘’Hal seperti ini penting bagi Unpad dalam upaya meningkatkan reputasi global dan membangun performa Unpad sebagai world class university,’’ ujar Keri di Kampus Unpad, Selasa (10/9).

Keri menjelaskan, kerjasama yang dirancang Unpad dengan Gachon University mencakup program student exchange, program double degree, summer program, joint research, beasiswa serta staff exchange.

Lebih lanjut, kata Keri, Universitas Gachoon Korea mempunyai reputasi yang baik di Korea dan  global. Terpilihnya Unpad sebagai partner, tegas dia, menunjukkan bahwa Gachon University memiliki kepercayaan atas kualitas dan kapabilitas Unpad.

‘’Kami selalu optimistis, segala upaya Unpad selama ini, termasuk kerja sama dengan Gachon University, akan meningkatkan reputasi Unpad,’’ tegas dia. Selain itu, papar dia, banyak keuntungan yang akan diraih Unpad dengan pola kerja sama lintas Negara tersebut.

Sumber : republika.co.id